Pages

Monday, January 20, 2014

Cara Menjinakkan Ciblek Hasil Tangkapan Alam

Cara menjinakkan ciblek hasil tangkapan alam tidaklah sulit. Berikut saya akan membagi sedikit tips untuk menjinakkan ciblek hasil tangkapan alam.
  1. Taruh burung dalam sangkar yang ketiga sisinya (bagian samping kanan, kiri, dan belakang) telah ditutup dengan koran atau kain, kemudian taruh ditempat yang sepi.
  2. Beri kroto segar setiap pagi dan sore selama 3 hari. Minuman dapat dicampur dengan multivitamin untuk burung.
  3. Setelah 3 hari, beri makanan berupa racikan campuran kroto dengan voer lembut ditambah air sedikit. 2-3 hari pertama komposisi kroto dengan voer yaitu 75% : 25% , 2-3 hari kemudian 50% : 50% , 2-3 hari berikutnya 25% : 75%. Pemberian campuran kroto dengan voer ini diberikan saat pagi serta sore hari, dapat ditambah dengan 2 ( dua ) ekor jangkrik kecil. Kurang lebih 6 – 9 hari ciblek telah mau makan voer, dengan melihat kotorannya yang telah berwarna layaknya warna voer. Campuran kroto dapat diganti dengan ulat hongkong.
  4. Sesudah makan voer langkah selanjutnya yaitu memberikan voer kering 100% sepanjang 1 minggu yang diselingi dengan pemberian extra fooding berbentuk kroto segar/jangkrik/ ulat hongkong dengan jumlah terbatas tiap-tiap pagi serta sore. Sekalian buka ketiga segi sangkar yang tertutup. Hal ini untuk membiasakan burung pada dunia barunya. Pada langkah ini ciblek telah bisa makan voer dengan keseluruhan, tetapi dikarenakan burung ciblek adalah burung pemakan serangga alangkah baiknya bila ciblek diberikan selingan jangkrik/ kroto/ulat hongkong meskipun 1 ( satu ) hari sekali dengan jumlah 2-3 ekor jangkrik kecil atau 3-4 ekor ulat hongkong atau ½ sendok teh kroto.
  5. Untuk menjinakkan ciblek, trick setelah itu yaitu menaruh burung ciblek pada keramaian gantungkannya pada posisi yang agak tinggi lantas tiap-tiap pekan berangsur-angsur makin rendah, sembari dilatih pemberian extra fooding dengan tangan.

0 comments:

Post a Comment