Pages

Sunday, December 15, 2013

Perawatan Cucak Ranti



Berikut saya akan membagi tips cara perawatan cucak ranti. Sebenarnya pada dasarnya perawatan cucak ranti sma dengan cucak hijau. Berikut caranya :
  1. Pilihlah burung yang berkelamin jantan. Burung jantan mempunyai warna hitam pada lehernya atau yang sering di sebut "nopeng". 
  2. Burung di mandikan setiap pagi sekitar jam 7 atau lebih jika suasana mendung menggunakan spreyer atau keramba (sesuai kebiasaan) kemudian jemur kurang lebih 1 jam atau sesuai kondisi (jangan lupa sediakan cepuk minum karena biasanya burung akan mandi sendiri) kemudian angin-anginkan
  3. Bersihkan kandang setiap hari agar burung tidak mudah terkena penyakit
  4. Berilah makanan berupa buah-buahan (pisang kepok, pepaya, dll) tapi biasanya para penghobi memberi pisang kepok supaya suara si burung jernih.
  5. Usahakan air minum yang diberikan adalah air matang atau air kemasan mineral.
  6. Berilah EF jangkring setiap pagi 2-3 ekor,ulat hongkong 1 sendok makan untuk 2 hari dan kroto
  7. Lakukanlah pemasteran dengan cara di dekatkan dengan burung yang sudah gacor atau dengan menggunakan MP3 (bisa di download di internet).
  8. Buatlah suasana yang nyaman bagi si burung agar burung tidak merasa terganggu oleh lingkungannya karena akan berpengaruh pada kualitas suara dan ocehan si burung
Demikian yang bisa saya sampaikan dan semoga bermanfaat bagi semua :)
salam kicau mania


0 comments:

Post a Comment